Ke Vietnam, Ekspor apa?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Bernama resmi Republik Sosialis Vietnam adalah negarapaling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya dan di sebelah timur terbentang Laut China Selatan.

Sebagai negara Asia Tenggara, Vietnam dan Indonesia memiliki banyak kesamaan baik dalam sisi sejarah, budaya dan orang-orang, dan kedua negara memperoleh kemerdekaan melalui perjuangan. Sejak hubungan diplomatik dibuka, kedua negara telah menjalin kerjasama di berbagai bidang.

Sebagai mitra strategis, Indonesia dan Vietnam telah sepakat untuk terus memperkuat relasi, terutama dalam kerjasama ekonomi, peningkatan perdagangan bilateral, investasi, kemajuan dalam bidang keterhubungan udara, dan penyelesaian negosiasi Zona Ekonomi Ekslusif.

Mengutip dari ekonomibisnis.com, Ekspor dari Indonesia ke Vietnam tahun ini semakin meningkat, walaupun angka impor menurun. Total perdagangan Indonesia dengan Vietnam mencapai sekitar US$9,5 miliar—US$9,8 miliar. Ekspor Indonesia ke Vietnam meliputi komputer, peralatan dan komponen listrik, bahan kain, telepon, telepon selular dan suku cadang, serta besi dan baja. Sementara itu, produk impor Vietnam, antara lain telepon, telepon selular dan suku cadang, tekstil dan produk tekstil, komputer, dan alas kaki.

Seperti Bangladesh yang meminta ekspor bus dari Indonesia, mobil dari Indonesia juga berhasil diekspor ke Vietnam.

Mencuplik VNexpress, Minggu (5/7/2020) untuk pertama kalinya, Indonesia mampu mengekspor mobil ke Vietnam. Mobil yang diimpor dari Indonesia di antaranya mobil Low MPV Mitsubishi Xpander, yang masuk 10 mobil terlaris bulan lalu. Model lain yang mendongkrak angka ekspor mobil Indonesia ke Vietnam antara lain hatchback Toyota Wigo –kembaran Agya– dan Honda Brio.

 

 

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply